YBH RAM Indonesia Mengadakan Perpustakaan dan Penyuluhan Hukum Keliling

YBH RAM Indonesia Mengadakan Perpustakaan dan Penyuluhan Hukum Keliling di Jogja / Yogyakarta, Bantul, Sleman, Wates dan sekitarnya.

Lbh di Jogja
Kantor Yayasan Bantuan Hukum RAM Indonesia

PROPOSAL PERPUSTAKAAN KELILING YAYASAN BANTUAN HUKUM RAM INDONESIA (YBH-RI)

TEMA “ TURUT SERTA MENINGKATKAN MINAT BACA DALAM MENCERDASKAN KEHIDUPAN ANAK BANGSA”

LATAR BELAKANG

Al-qur’an dan Undang-Undang 1945 telah menganjurkan bagi setiap  manusia agar selalu membaca, karena dengan membaca tersebut seseorang dapat memperoleh ilmu pengetahuan. Perintah dan anjuran membaca tersebut dapat kita lihat dalam surat Al-Alaq ayat 1, yang artinya “ Bacalah, dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang Menciptakanmu”. Selain perintah dan anjuran membaca tersebut terdapat di dalam Al-qur’an, sebagai masyarakat yang berbangsa dan bernegara perintah membaca tersebut juga terdapat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Mencerdaskan kehidupan bangsa ini, dapat diwujudkan melalui membaca.

Perintah membaca yang terdapat dalam al-Qur’an dan Undang-Undang 1945 mengindikasikan bahwa membaca adalah suatu kegiatan yang sangat penting untuk dilaksanakan, karena dengan membaca tersebut seseorang akan memperoleh ilmu yang banyak. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa ilmu pengetahuan merupakan komponen terpenting dalam upaya membangun kehidupan masyarakat yang berwawasan dan bermoral. Ilmu pengetahuan menjadi sasaran utama dalam membangun sebuah peradaban baru yang lebih baik. Pengetahuan bersifat dinamis, maka wajib bagi setiap umat manusia untuk mengikuti setiap perkembangannya agar pola pikir mereka senantiasa selaras dengan perkembangan peradaban itu sendiri.

Seorang Sejarawan dan filsuf politik Skotlandia yang bernama Thomas Carlyle (1795-1881) mengatakan: “The true University of these days is a collection of books”, atau dengan kata lain “ Universitas sejati masa kini adalah perpustakaan.

Perpustakaan adalah tempat belajar non formal, di perpustakaan inilah kita dapat menggali ilmu pengetahuan dan informasi dengan seluas-luasnya. Berangkat dari hal tersebut sering kita mengenal perpustakaan sebagi long life educations. Artinya adalah perpustakaan merupakan pendidikan seumur hidup dikarenakan dapat melayani semua elemen masyarakat yang ada disekitarnya tanpa batas waktu dan usia. Perpustakaan disamping sebagai pusat ilmu pengetahuan, juga sebagai sarana untuk mendapatkan informasi, tempat penelitian, rekreasi pengetahuan dan tempat menyimpan serta melestarikan karya anak bangsa.

Perpustakaan keliling adalah bagian dari perpustakaan umum yang mendatangi user (anak-anak/masyarakat), sehingga dapat memfasilitasi user yang tidak dapat terjangkau oleh perpustakaan umum. Perpustakaan keliling mengusahakan agar sebanyak mungkin anak-anak dan  masyarakat membaca dan memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan sehingga mereka menjadi anak-anak dan masyarakat yang cerdas, mantap, dan penuh kreasi.

Alamat Kantor YBH RI:

Related posts

Leave a Comment

× Apa yang bisa kami bantu?