YBH RAM INDONESIA MEMBUKA POSKO PENGADUAN PENYELENGGARAAN TES CPNS 2018

LBH Yogyakarta
Kantor Bantuan Hukum (YBH RI) Yogyakarta

Yayasan Bantuan Hukum RAM Indonesia menggelar posko laporan dan pengaduan bagi tindak kecurangan dan pelanggaran dalam tahap penyelenggaraan CPNS 2018 untuk daerah Yogyakarta, Sleman, Bantul, dan sekitarnya.

Posko Pengaduan CPNS2018.com – BKN mengumumkan melalui akun twitternya pada 20 Oktober 2018 lalu, bahwa jumlah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi sebanyak 2.529.364 peminat. Banyaknya peminat CPNS, tidak menutup kemungkinan akan maraknya tindakan kecurangan dan pelanggaran yang akan terjadi dalam tahapan penyelenggaraan dan penyeleksiannya tahun ini.

Tindakan kecurangan dan pelanggaran yang dilansir sering terjadi yaitu, pada saat proses pendaftaran, seleksi administrasi sampai pada saat melaksanakan ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB).

“Kami membuka posko layanan pengaduan penyelenggaraan tes CPNS untuk tahun ini,” tutur Roy Al Minfa, direktur kantor Advokat dan Yayasan Bantuan Hukum RAM Indonesia, saat ditemui pada 22 Oktober 2018. “Tujuan dari pembukaan posko pengaduan ini adalah untuk menghilangkan praktik kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh oknum tertentu sehingga kedepannya penyelenggaraan seleksi CPNS akan lebih baik, dan dengan kehadiran posko pengaduan ini mari kita secara bersama-sama mengawasi jika ada dugaan tindak kecurangan jangan segan-segan untuk membuat pengaduan kepada kantor YBH RAM Indonesia agar kita bisa dampingi secara gratis untuk masyarakat D.I Yogyakarta.”

Terkait dengan penyelenggaraan posko ini, Kantor Advokat dan YBH RAM Indonesia, dapat menampung semua bentuk masalah hukum serta pelanggaran-pelanggaran lainnya yang timbul saat tahap pendaftaran hingga penyelenggaraan tes CPNS. “Untuk sementara ruang lingkup wilayah pengaduan dan laporannya saat ini, kami menerima pengaduan dari warga sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta atau penyelenggaraan tes CPNS wilayah D.I Yogyakarta,” lanjut Roy Al Minfa

Bentuk-bentuk pengaduan CPNS yang dapat diajukan, dapat berupa :

  1. Berkas yang dihilangkan oleh panitia;
  2. Ijazah palsu, KTP palsu dan dokumen-dokumen palsu lainnya;
  3. Transparansi formasi, jabatan, proses seleksi administrasi, TKD, TKB, dan pengumuman;
  4. Honorer K2 yang tidak memenuhi syarat;
  5. Calo/Pemerasan/Penyuapan
  6. Panitia kurang kompeten, kinerja rendah serta koordinasi lemah;
  7. Pengawas lalai, kurang tegas dan kurang kompeten;
  8. Naskah ujian cacat dan hilang;
  9. Kekurangan dan kehilangan LJK;
  10. Tempat atau lokasi ujian kurang kondusif untuk mengerjakan soal;
  11. Kurang sosialisasi;
  12. Adanya lamaran ganda;
  13. Manupilasi hasil ujian;
  14. Persyaratan yang rumit;
  15. Nepotisme; dan
  16. Rekayasa kualifikasi pelamar

Kemudian untuk tahapan yang dapat dilaporkan, dapat berupa:

  1. Pendaftaran dan seleksi administrasi;
  2. TKD dan TKB;
  3. Pengembalian LJK;
  4. Pengumuman kelulusan;
  5. Distribusi soal;
  6. Pemusnahan soal; dan
  7. Lain-lain.

Untuk pengaduan dan laporan masalah hukum tesebut, dapat dilakukan dengan melalui email  atau sms ke email ybhram.indonesia@gmail.com atau HP dinomor 0857-2994-2999. Ataupun dengan mengunjungi langsung kantor Yayasan Bantuan Hukum (YBH) RAM Indonesia kami yang terletak di Jalan Gajah No. 20, Tahunan, Umbulharjo, Yogyakarta.

Related posts

Leave a Comment

× Apa yang bisa kami bantu?