HAK-HAK ISTRI KETIKA CERAI

HAK-HAK ISTRI KETIKA CERAI

HAK ISTRI.LBH.com – Perceraian yang terjadi antara suami istri tidak secara otomatis menghilangkan hubungan dan kewajiban suami kepada si istri. Pasca perceraian, mantan istri masih memiliki hak-hak yang harus dipenuhi oleh mantan suami, berupa:

  1. Nafkah Anak
  2. Nafkah Terutang
  3. Nafkah Iddah
Hak-Hak Yang Didapatkan Mantan Istri Pasca Cerai

NAFKAH ANAK. Apabila terdapat anak yang belum mencapai usia 21 tahun pasca cerai, sedangkan mantan istri menjadi pemegang hadhanah atau hak asuh anak berdasarkan putusan pengadilan, maka mantan suami memiliki kewajiban untuk memberikan nafkah anak kepada mantan istri.

Besaran nafkah anak yang diberikan pada umumnya sebesar 1/3 dari penghasilan pihak suami saat proses perceraian di pengadilan. Atau bisa lebih daripada itu, tergantung dokumen- dokumen pembuktian yang menunjukkan penghasilan suami yang diajukan oleh istri Istri saat proses pengadilan berlanjut.

NAFKAH TERUTANG. Nafkah terutang merupakan suatu nafkah selama perkawinan yang selama perkawinan tidak atau belum diberikan oleh suami kepada istrinya, baik karena kelalaian atauapun kesengajaan. Pengajuan pemenuhan nafkah terutang dapat diajukan oleh istri pada saat proses persidangan di pengadilan.

NAFKAH IDDAH. Nafkah iddah adalah suatu nafkah yang wajib diberikan oleh mantan suami kepada mantan istri jika perceraian terjadi karena talak. Talak dalam artian bahwa pihak suamilah yang mengajukan permohonan cerai terhadap istrinya di Pengadilan Agama. Pemberian nafkah iddah ini selama 3 bulan 10 hari dan dimulai setelah mantan suami mengikrarkan talaknya di hadapan majelis hakim. Besarnya nafkah iddah berdasarkan pertimbangan majelis hakim dan pada umumnya disesuaikan dengan kemampuan mantan suami.

Tapi, jika perceraian diajukan oleh istri kepada usmia dalam bentuk gugatan cerai, maka mantan suami tidak memiliki kewajiban untuk memberikan nafkah iddah kepada mantan istrinya.

Ingin mengkonsultasikan masalah rumah tangga Anda? Silahkan hubungi kami untuk jawaban selengkapnya.

Oleh: Nurul Qisthy Chumairoh, S.H

Related posts

18 Thoughts to “HAK-HAK ISTRI KETIKA CERAI”

  1. Mas jatmiko

    Klo bercerai apa jg istri ikut menanggung hutang di bank? Tks

    1. YBH RI

      Dalam hukum perkawinan ada harta bersama dan ada juga hutang bersama artinya suami istri berhak dan bertangggung jawab atas harta bersama dan hutang bersama tersebut.

      1. Irma

        Suami memberi talak kepada saya melalui telp dan disaksikan secara langsung oleh adik saya, apakah itu sah ?
        Trus nafkah saya apakah diberi dan berapa lama jika diberi sebelum surat pengadilan agama keluar ?
        Dan apakah setelah keluar surat massa iddah itu diberi nafkah juga oleh suami ??
        Dan suami masih punya hutang kepada orgtua saya, sewaktu kami menikah, apakah itu suami yg bayar atau istri ikut membayarnya ??

        Mohon beri penjelasan ya bu.

        1. Perceraian sah secara hukum setelah melalui proses pemeriksaan di persidangan dan telah di putus serta terbit akte cerai dan untuk hak istri dimintakan oleh istri pada hakim pada saat sidang

  2. Agus k

    Istri berselingkuh dan minta cerai.. padahal suami tidak punya salah apa2.. yg ada malah masalah 5 thun yg lalu di ungkit lagi… Padahal sang suami masih bertahan ga mau menceraikanya karna masih sayang dan mikirin kondisi anak2 yg masih kcil.. apakah gugatan istri akan di kabulkan di pengadilan.. apakah salah jika suami menolak dan bertahan..

    1. Jika istri bisa membuktikan gugatannya tentu hakim akan mengabulkan gugatan istrinya

  3. Hamba

    Istri ditalak tapi suami gamau ngurus cerai dan nyuruh istri yg ngurus cerai. Jadinya status istri gimna?

    1. Gantung.. saran kami minta suami yang ajukan dan ibu datang klu ada panggilan dan minta hak-hak ibu

  4. Neneng Amidah

    Jika suami lama mengabaikan istri lalu istri nikah siri dengan orang lain karna suami di ajk rujuk ga mau lalu dia tlak istri apa istri behak dpat harta dari suami

    1. Jika harta tersebut di peroleh selama perkawinan maka disebut harta bersama dan istri punya hak menuntut di bagi dua

  5. tri martini

    maaf.. suami menalak saya dan kami sudah pny 2 anak… apakah saya berhak menuntut hak anak di depan pengadilan ?? krna sebelumnya saya di minta untuk tidak datang krna takut saya menuntut hak anak… mohon bantu jawab karna saya tidak paham betul

    1. Datang kalau ada surat panggilan sidang itu adalah hak ibu dan mintakan hak asuh anak nafkah anak hak iddah dan mut’ah ibu

  6. Olivia

    jika istri yang menggugat suami apakah suami masih wajib atau tidah menafkahi anak.. Sedangkan hak asuh nya jatuh kepada istri..

    1. Sesuai hukum meski bercerai suami tetap wajib menafkahi sampai anak dewasa

  7. Yani

    Pak/ ibu saya mau bertanya semoga berkenan untuk menjawabnya.

    Mengenai perceraian, mantan suami memberikan talak kedua, tapi sepengetahuan saya ini sudah masuk ketiga kali dia mau menceraikan saya. Saya tidak tau ini masuk talak ke dua apa sudah masuk talak 3?. Dan dia minta saya yang mengajukan gugatan. Bagaimana saya harus menyikapi?

    1. Perceraian sah secara hukum setelah melalui proses pemeriksaan di persidangan dan telah di putus serta terbit akte cerai saran kami biarkan suami yang mengajukan dan ibu datang saat panggilan sidang dan mintakan hak-hak ibu ketika sidang di hadapan hakim

  8. Arni

    Bismillah, pembagian gono gini apakah ank2 jg ada dlm daftar pembagian, sementara ank terbagi, ada yg ikut bpk ada yg ikut ibu. Dan hutang bank yg si istri (sblm cerai) sm sekali tdk menahu dan tdk menikmati, apakah itu di hitung hutang bersama? Tks

    1. Secara hukum anak tidak dapat bagian atas gono gini kecuali suami istri sepakat menghibahkan kepada anak

Leave a Comment