PEMBENTUKAN DESA BINAAN HUKUM UNTUK DIY YOGYAKARTA DAN SEKITARNYA

KEMENKUMHAM DIY BERINISIATIF MEMBENTUK DESA BINAAN HUKUM UNTUK DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DAN SEKITARNYA

lbh jogja
Kunjungan Delegasi KEMENKUMHAM DIY di Kantor Yayasan Bantuan Hukum RAM Indonesia

Yayasan Bantuan Hukum (YBH) RAM Indonesia.com – Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DIY Yogyakarta pada Kamis, 20 September 2018 berkunjung ke Kantor Yayasan Hukum Bantuan (YBH) RAM Indonesia yang beralamat di Jalan Gajah No. 20 Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Kunjungan ini diselenggarakan untuk melanjutkan verifikasi tahap III, yang pernah dilaksanakan pada awal bulan Agustus 2018 lalu. Selain itu, delegasi Kemenkumham juga berinisiatif untuk melakukan pengadaan kerjasama dengan YBH RAM Indonesia serta lembaga-lembaga bantuan hukum lainnya yang berada di DIY dan sekitarnya. Kerjasama yang diajukan oleh Kemenkumham berupa kegiatan penyuluhan hukum, konsultasi hukum, dan pendampingan hukum gratis bagi masyarakat miskin dan tidak mampu. “Pelaksanaan kegiatan ini akan di mulai pada per 1 Januari 2019 mendatang,” ujar Bapak Prasetyo. Namun dalam kontrak kerjanya, akan dilakukan pada bulan Maret 2019.

Inisiatif ini muncul dikarenakan banyaknya masyarakat yang kurang mampu dan miskin yang belum bisa merasakan keadilan atas perkara dan sengketa perdata atau pun pidana yang mereka miliki. Adapun syarat untuk mengajukan permohonan penyuluhan dan pendampingan hukum gratis tersebut adalah:

  1. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) atau Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah) atau Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) Askes (Asuransi Kesehatan) atau dengan Surat Penetapan dari Hakim bagi perkaranya yang sudah masuk di pengadilan
  2. Memiliki Identitas seperti KTP atau SIM
  3. Untuk kasus yg berada di wilayah DIY baik Pidana, Perdata maupun TUN.
  4. Berkas-berkas lain yg berkaitan dengan kasus yg akan dikuasakan.

Syarat meminta bantuan hukum gratis di atas, merupakan penuturan delegasi Kemenkumham DIY, Ibu Rina Nurul saat berkunjung ke Kantor YBH RAM Indonesia siang ini.

lbh jogja
KEMENKUMHAM DIY dan Advokat Kantor YBH RAM Indonesia

Kegiatan ini nantinya akan berdampak sangat positif dan akan sangat membantu masyarakat miskin dan tidak mampu dalam menemukan keadilan di bidang hukum, khususnya untuk Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.

Related posts

One Thought to “PEMBENTUKAN DESA BINAAN HUKUM UNTUK DIY YOGYAKARTA DAN SEKITARNYA”

  1. YBH RI

    Sangat membatu informasinya, terimakasih

Leave a Comment

× Apa yang bisa kami bantu?